Senin, 02 Januari 2012

Centos

CentOS alias Community ENTerprise Operating System adalah sebuah distro Linux yang diturunkan dari RHEL (Red Hat Enterprise Linux). CentOS dibuat oleh North American Enterprise Linux. Namun berbeda dengan turunan Linux lainnya, CentOS merupakan copian dari RHEL 99%. Mengapa?
Karena CentOS hanya membuang label RH dan diganti dengan label generic. Jadi isi dari program CentOS sama dengan RHEL. Drivers yang jalan di RHEL otomatis jalan juga di CentOS.
Meskipun keberadaan CentOS sangar tergantung pada Red Hat namun hal ini justru memberikan nilai tambah, karena RH merupakan satu-satunya distro komersial Linux yang dipakai secara luas di perusahaan besar dan satu-satunya distro Linux yang didukung oleh CPanel (CPanel adalah kontrol panel terbanyak dipakai oleh perusahaan hosting, hampir 100% hosting menggunakan CPanel). Karena merupakan copian RHEL maka CentOS juga didukung secara resmi oleh CPanel.


Kelebihan dan Kekurangan CentOS
Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan calon pemakai CentOS. Tetapi sayangnya banyak yang tidak bisa memberikan jawaban yang jujur. Umumnya orang bilang semua Linux sama saja, tergantung pada kehebatan penguasaan administrator. Jawaban ini jelas salah! Mengapa salah? Karena siapapun pasti tidak akan menerima jawaban ini dan segera melakukan pencarian yang lebih dalam di Google maupun tanya serta baca sana sini bukan? Baiklah akan kami tulis secara jujur kelebihan dan kekurangan CentOS!
KELEBIHAN
KEKURANGAN
CentOS sangat kompatibel dengan RH
Tergantung pada distro RH. Karena itu CentOS selalu keluar setelah RH
Merupakan OS freeware yang sangat handal untuk skala Enterpise
Kata "enterprise" membuat pemula takut dan memilih Fedora
Merupakan satu-satunya OS freeware yang didukung resmi oleh CPanel
Penampilan website CentOS yang kurang menarik (CentOS Indonesia sedang mengupayakan untuk mengupdate website CentOS.org agar tampil menarik)
Drivers RHEL dapat dipakai oleh CentOS karena isi CentOS adalah RHEL
Kurangnya dokumentasi mengenai CentOS secara khusus

Karena CentOS dibangun berdasarkan RHEL maka segala kelebihan dan kekurangan RHEL juga menjadi bagian CentOS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar